Ngaku aja deh, kadang kita bete kalau mendapat tugas kelompok. Sebab, kita enggak selalu mendapatkan teman sekelompok yang asyik diajak kerja. Biasanya, ada saja anggota tim yang malas, selalu datang terlambat, atau mangkir dari tanggung jawab.
Tenang, ada kok caranya "menikmati" tugas kelompok dan menghasilkan proyek terbaik bersama teman sekelompok kita. Simak "10 Aturan Dasar Kerja Kelompok" seperti dilansir College Candy, Senin (1/4/2013). Inget, ini demi kita sendiri juga loh,,,Usaha=hasil
1. Siap. Putuskan kapan saja jadwal pertemuan rutin kelompok untuk membahas pekerjaan dan perkembangannya. Datanglah ke rapat-rapat ini sesuai jadwal, tepat waktu, dan siap dengan materi yang akan didiskusikan atau dikerjakan. Dont be
2. Tepat waktu Jika kita datang tepat waktu, maka pertemuan juga akan cepat selesai. Adil kan? :)
3. Komunikasi Banyaknya anggota kelompok akan memunculkan potensi miskomunikasi. Bicarakan semua hal dengan semua anggota tim agar kita mengetahui sampai mana kemajuan proyek yang sedang dijalankan. Dengan komunikasi, kita jadi tahu siapa sedang mengerjakan apa dan enggak ada pekerjaan yang bentrok. Disini, dituntut bagaimana cara kita management orang, itulah tujuan si guru. Yang metik manfaatnya ya kita juga Toh ? ^_^
4. Singkirkan handphone Ini nih, biangnya perusak konsentrasi. SINGKIRIN SEGERA. Jangan menggunakan handphone selama bekerja. Larang penggunaan semua media jejaring sosial agar perhatian tidak teralihkan dan pekerjan kita cepat selesai. DIOLASSSSSSSSS GUYS
5. Tentukan cara ambil keputusan Pada rapat pertama, tentukan ketua kelompok. Atau jika kita tidak ingin menujuk satu orang sebagai pemimpin dan pengambil keputusan, sepakatilah bahwa pendapat mayoritas akan menjadi keputusan kelompok.
6. Tetapkan deadline Buatlah timeline untuk proyek yang sedang dikerjakan. Tetapkan deadline untuk tiap bagian tugas yang dikerjakan semua anggota tim. Tehnik biar ga kebiasaan ngaret,, ga mau kan buru- buru kerja nggak karuan? ::p
7. Satu tugas untuk tiap anggota Cara paling mudah untuk memastikan semua orang berkontribusi adalah dengan memberikan satu tugas untuk setiap anggota tim. Kemudian, konsentrasilah dengan apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita. Siipdaahh ;)
8. Manfaatkan kekuatan Berilah tugas sesuai kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota tim. Cara ini dapat meminimalkan rasa frustrasi dan memaksimalkan efektivitas kerja. Ingett, minta pendapat si penerima tugas, jangan egois ya ..
9. Kompak Jangan sampai kita ribut dengan sesama anggota kelompok. Kompaklah dan kumpulkan tugas sebagai kelompok yang solid. Minimal, iklhaslah :D
10 Istirahat., Bekerja non setop berjam-jam tidaklah sehat dan tidak juga produktif. Ketika kita menemui jalan buntu, berisitirahatlah dan lanjutkan pekerjaan di kesempatan berikutnya..., ok guys??